- Struktur Dasar Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar,
yaitu:
Unit masukan
(Input Unit)
Unit kontrol
(Control Unit)
Unit logika dan
aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
Unit
memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
Unit keluaran
(Output Unit)
Data diterima melalui Input Device dan dikirim ke Memory. Di
dalam Memory data disimpan dan selanjutnya diproses di ALU. Hasil proses
disimpan kembali ke Memory sebelum dikeluarkan melalui Output Device. Kendali
dan koordinasi terhadap sistem ini dilakukan oleh Control Unit. Secara ringkas
prinsip kerja komputer adalah Input – Proses – Output, yang dikenal dengan
singkatan IPO.
Fungsi Utama dari masing-masing Unit akan dijelaskan berikut
ini:
Unit Masukan
(Input Unit)
Berfungsi untuk
menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory /
penyimpanan.
Unit Kontrol
(Control Unit)
memutuskan urutan
operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal
control.
Unit Logika &
Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
Berfungsi untuk
melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti
menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan.
Unit Memori /
Penyimpan (Memory / Storage unit) Main Memory merupakan simpanan yang
kapasitasnya besar. MainMemory juga disebut dengan Main Storage (penyimpanan
utama) atau Internal Memory (ingatan
internal).
Unit Keluaran
(Output Unit)
Untuk melakukan
hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara
I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan
piranti di luar system dapat menerima data dan dapat pula memberi data ke ke
computer.
- OrganisasiKomputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh
apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional.
Sumber :
http://arifpane.blogspot.com/2010/01/organisasi-komputer.html/
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/struktur-dasar-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar